top of page
Search
  • Writer's pictureKota Baru Parahyangan

KBP City Run 2023: Event Lari Pertama di Sore Hari

Semburat lembayung senja mulai muncul berbarengan dengan beranjaknya matahari ke arah peraduan di bumi Kota Baru Parahyangan, Bandung Barat. Namun sore itu terasa berbeda. Lebih dari 3.000-an orang sudah bersiap-siap di sekitaran Bumi Hejo untuk belari bergembira bersama. Yup, itulah untuk pertama kalinya diadakan KBP City Run 2013 yang berlangsung pada hari Sabtu (2 September 2023) lalu. Para pelari itu bukan hanya berasal dari warga KBP, akan tetapi berdatangan dari berbagai kota bahkan peserta dari luar negeri. Lomba lari unik karena berlangsung sore hari itu, berlanjut malam harinya. Seusai finis para pelari menikmati panggung hiburan sambil bermalam mingguan di tengah kesejukan udara Bandung Barat yang dingin.

Kawasan Kota Baru Parahyangan, kota mandiri di Kabupaten Bandung Barat memang sangat terkenal sebagai kawasan yang sangat nyaman dan aman untuk digunakan sebagai lintasan lari. Selain para penghobi olahraga lari, kawasan dengan infrastruktur mumpuni itu juga terkenal di kalangan pesepeda dengan KBP Loopnya.


Jalanan yang mulus, lebar dan relative lurus serta relatif sepi dari kehirukpikukan lalu lintas dengan pohon rindang di sisi kiri-kanan jalan – di sejumlah ruas memang baru bertumbuh dan tak lama lagi segera rimbun-- menjadi khasnya. Tidak salah jika pada pagi akhir pekan, terutama Minggu pagi, kawasan itu menjadi kawasan menarik perhatian pelari maupun pesepeda dari kawasan dari luar KBP lain berdatangan.


Antusiasme pelari peserta KBP Run 2023 juga memang luar biasa. Banyak di antaranya yang sudah tiba di kawasan race central sejak siang hari. Sejak pukul 14.00 para peserta sudah berdatangan ke lokasi. Padahal jelas-jelas disebutkan jika lomba lari akan mulai diadakan mulai pukul 16.00 WIB. Rupanya, kawasan kuliner baru di Bumi Hejo menjadi daya tarik tersendiri. Race village memang sengaja ditempatkan di kawasan itu sebagai bagian untuk mengenalkan kawasan yang sangat asyik digunakan untuk sekedar ngopi sore atau nongkrong bersama sahabat-sahabat.


“Habis sholat dzuhur, saya langsung ke sini,” kata Yani, seorang peserta kategori 5K itu bersemangat. Warga Karawaci, Tangerang itu kebetulan memiliki rumah di wilayah Batujajar Barat, sekitar 8 kilometer dari KBP. Banyak peserta lainnya yang berasal dari Jakarta ataupun kota-kota lainnya memilih menginap di Hotel Mason Pine yang berada di lingkungan KBP. Lainnya memilih menginap di hotel-hotel kota Bandung. Jarak dari kota Bandung ke KBP memang tidaklah terlalu jauh. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 15-20 menit saja jika melalui tol Pasteur menuju pintu tol Padalarang yang bisa langsung menuju kawasan Kota Baru Parahyangan. Jalan laying dari tolt embus langsung ke KBP membebaskan pengunjung dari kemacetan perempatan seperti sebelumnya.


Sebagai event pertama persembahan Kota Baru Parahyangan, KBP City Run 2023 menjadi menarik karena berbagai keunikannya. Kegiatan yang didedikasikan bagi para penggiat hobi lari dan masyarakat umum yang ingin berolahraga lari dengan lebih seru dan menyenangkan. Kegiatan ini disiapkan secara istimewa dengan memanfaatkan sore hari yang asri pada Sabtu petang, 2 September 2023.

Lomba lari KBP City Run ini merupakan inisiasi Kota Baru Parahyangan. Bertindak sebagai race management adalah IdeaRun yang telah berpengalaman mengelola lomba lari massal di KBP pada tahun 2019. “Buat kami menyelenggarakan lari di sore di KBP menjadi tantangan sendiri. Unik dan pasti para pelari mendapat pengalaman baru,” kata Race Director IdeaRun Management Safrita Aryana. Sebelum pandemi, tim IdeaRun pula yang untuk pertama kalinya menyelenggarakan lomba di kawasan Kota Baru Parahyangan yakni Unpar Half Marathon.



Sebanyak 3.000 orang peserta berpartisipasi di kategoti lomba 10K dan 5K yang terbuka bagi seluruh masyarakat dengan kelas open dan master. Selain itu, juga disiapkan kategori khusus anak-anak “KBP Speedy Kid” yang diperuntukkan untuk anak-anak usia 3 s/d 13 tahun. Khusus anak-anak ini akan dibagi kelompok usia 3 s/d 5 tahun, 5 s/d 8 tahun, dan 8 s/d 13 tahun. Jarak yang mereka tempuh disesuai dengan umur mereka yakni 200 meter, 300 meter serta 400 meter.

“Sebagai pelari warga KBP, kami senang sekali akhirnya ada event race milik Kota Baru Parahyangan. Kami dukung,” kata Muhamad Fahmi, dari komunitas KBP Runners.



7,664 views0 comments

Recent Posts

See All
Hubungi Kami
bottom of page